Minggu, 06 Maret 2011

Macet Lagi?! Oh, Tidak!

(c)l.yimg.com
Bagaimanapun juga, terjebak dalam kemacetan yang rasanya tiada berakhir memang terasa sangat menyebalkan.
KapanLagi.com - Pada masa seperti sekarang, stres bisa menimpa siapa saja. Stres juga bisa terjadi di mana saja, rumah, tempat kerja, bahkan jalanan.

Mungkin Anda sering di sana, namun mungkin juga tidak. Bagaimanapun juga, terjebak dalam kemacetan yang rasanya tiada berakhir memang terasa sangat menyebalkan.

Hal ini bisa membuat Anda yang tadinya bersemangat jadi loyo dan marah-marah sendiri. Lalu, bagaimana trik jitu agar kemacetan tersebut tidak sampai mempengaruhi mood Anda.

Terimalah

Banyak orang menjadi stres karena mereka menyangkal dan berharap yang sedang terjadi itu tidak benar-benar sedang terjadi. Jika keseharian Anda tidak luput dari yang namanya kemacetan, maka Anda perlu belajar untuk membiasakan diri. Menolak kenyataan bahwa Anda harus terjebak dalam arus macet hanya akan membuat Anda makin stres.

Tentu saja, jika memungkinkan, maka Anda bisa dan harus melakukan sesuatu untuk menghindari yang namanya macet. Entah dengan berangkat lebih pagi, jalan kaki, atau naik kereta cepat bawah tanah. Namun, tak semua orang punya pilihan untuk 'melarikan diri' dari macet. Jika Anda termasuk orang yang tak bisa menghindari macet sebagai bagian harian Anda, maka terimalah. [break]

Saat berada dalam arus padat lalu lintas, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam mobil. Saat berada dalam mobil pribadi, mobil antar-jemput kantor, atau bahkan dalam angkot sekalipun, ingatlah selalu ada hal yang bisa Anda kerjakan dalam waktu-waktu 'penantian membosankan' itu.

Bayangkan tempat kesukaan Anda.

Tariklah nafas dalam-dalam selama beberapa kali agar Anda lebih rileks. Lalu, tutup mata, dan bayangkan bahwa Anda sedang berada di tempat favorit. Entahkah itu di tepi pantai nan indah atau di padang yang dipenuhi aneka bunga indah. Membayangkan bisa menjadi cara yang manjur untuk mengurangi kegelisahan dan ketegangan akibat penantian.

Jauhi godaan membunyikan klakson mobil berulang kali dengan meningkatkan khayalan indah Anda. Coba bayangkan bagaimana rasanya saat pasir-pasir yang ada menyentuh jemari kaki Anda. Bayangkan indahnya berbaring di antara kumpulan bunga-bunga indah. Hidupkan imajinasi Anda! Feel it!

Belajar dari sekitar

Anda juga bisa menolak segala emosi negatif yang bisa mempengaruhi mood dengan fokus pada apa yang terjadi di sekitar. Kita bisa belajar banyak di jalanan yang kita lewati. Mengamati tingkah dan reaksi penumpang lain, orang berjualan, maupun bapak becak yang mengelap peluh karena beratnya beban hidup. Semua pemandangan ini akan membuat Anda bersyukur bahwa Anda masih diberi kesempatan dan kehidupan yang lebih layak dari mereka. Jadi, belajarlah dari sekitar saat macet datang. [break]

Hirup wewangian

Aromaterapi bisa membantu diri Anda untuk lebih tenang sekaligus meningkatkan mood. Selalu bawa minyak atau parfum aromaterapi kesukaan Anda, baik dalam tas atau mobil, agar tersedia saat dibutuhkan. Dengarkan musik dan nikmatilah

Pasang lagu favorit Anda agar pikiran beralih sejenak dari kepadatan sekitar yang memusingkan. Anda juga bisa ikut menyanyi jika Anda mau. Research dalam jurnal 'Circulation' menemukan bahwa musik cresendo dan decresendo dalam musik klasik bisa membuat tekanan darah tinggi, degup jantung, dan tarikan nafas menjadi lebih stabil. Jadi, mengapa tidak tenangkan diri dengan musik Beethoven. Maka, jantung dan hati Anda akan merasa sangat berterima kasih. [break]

Be Kreatif

Anda juga bisa menjadi produktif selama menunggu kemacetan. Anda bisa menghubungi teman atau klien untuk membuat janji bisnis, mengecek ulang apa-apa yang akan Anda kerjakan setibanya di kantor.

Anda juga bisa kursus bahasa asing secara otodidak, dengan mendengarkan kaset dan membaca buku. Anda bisa membaca buku, koran, atau majalah bisnis untuk menambah pengetahuan.
Anda bisa melakukan apa saja yang Anda mau.

Sarapan

Anda juga bisa sarapan dalam mobil. Namun, sebaiknya Anda pandai-pandai memilih makanan agar mood dapat membaik.

Saat berada di dalam mobil, pastikan pula Anda membawa cukup air putih agar Anda tak mengalami dehidrasi, terutama jika matahari sedang 'on'.

Jadikan perjalanan Anda menjadi perjalanan yang menyenangkan dan bermanfaat, sekalipun jika harus terjebak di dalam macet. Yes, you can do it! (wo/meg)
woman.kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH NAGA

Buah naga adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga dan b...