Jumat, 04 Maret 2011

Pikiran Positif Babat Habis Stres

Kira-kira apa sih yang dapat melenyapkan stres dari diri Anda? Oh, ternyata ini nih rahasianya.
KapanLagi.com - Oleh: Mega Aprilianti

Bagaimana kabar Anda hari ini? Apakah Anda merasa bahagia, atau malah sebaliknya? Pergi dan carilah cermin lalu amati raut wajah Anda, lihatlah di sana dan perhatikan ekspresi yang tampak. Apakah ada sesuatu yang membuat Anda resah hari ini? Jika ya, maka mari kita sama-sama membahas bagaimana menghapus mimik susah tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada kekuatan dalam pikiran. Pikiran kita menggerakkan sikap dan tindakan kita. Pikiran juga mempengaruhi perasaan seseorang, dan ini berarti pikiran juga memiliki dampak yang kuat bagi mood hati kita.

Jika demikian, maka satu-satunya jalan untuk memperbaiki apa yang nampak masam di luar adalah dengan memperbaiki apa yang ada di dalam hati, dan mari kita mulai dari pikiran.

Memang ada banyak cara untuk menaikkan mood seseorang, mulai dari dengan berolah raga, makan makanan tertentu, hingga tidur.

Namun, bagaimana bila Anda berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan itu semua, katakanlah Anda sedang berada di dalam bis/ pesawat dan sedang menempuh perjalanan yang cukup panjang.

Jangan khawatir! Stres tetap bisa diusir, caranya adalah dengan mengobati pikiran kita lebih dulu. Pikiran positif terbukti mampu mengubah raut masam menjadi mesem. Pikiran positif juga mampu membuat kepala yang tertunduk menjadi tegak kembali. Berikut beberapa kategori pikiran yang termasuk dalam pikiran positif. [break]

Kenangan manis

Yang satu ini bisa membuat bibir yang tadinya kaku menjadi tersenyum-senyum sendiri. Saat Anda lagi bete tentang seseorang misalnya, maka pikirkan saja kenangan manis yang pernah terjadi antara Anda dan dia, atau bisa juga dengan mengingat hal-hal baik yang telah dilakukannya bagi Anda. Jika Anda kesulitan untuk mengingat, maka lihatlah foto-foto momen indah yang pernah ada untuk lebih membantu.

Pikiran macam ini lebih akan menghibur dan membuat raut wajah Anda tampak cerah. Jika Anda tidak menemukan satupun kenangan baik dengan orang tersebut, maka pikirkan kenangan manis yang lain dan lupakan masalah Anda dengan orang tersebut sejenak.

Dengan mengenang pengalaman manis yang pernah terjadi dalam hidup Anda, maka sebenarnya Anda sedang menghibur diri sendiri, dan pastinya dengan ini stres hilang dan mood pun jadi naik.

Hal-hal sekitar

Apapun yang ada di sekitar Anda sebenarnya bisa menghibur Anda bila Anda mau mencermatinya. Burung-burung yang berterbangan, bapak-bapak asongan yang berjuang meraih sepeser uang, hingga tingkah anak kecil yang bermain.

Semua ini memang tergantung bagaimana cara Anda memandangnya. Nikmatilah pemandangan yang ada di sekitar Anda dan syukurilah keadaan Anda sekarang ini. Selalu ada hal baik dalam hidup dan sekitar Anda yang bisa disyukuri. Dengan bersyukur maka kita akan merasa lebih baik. Coba saja! [break]

Perbandingan yang benar

Banyak orang jadi merasa down dan semakin tidak puas akibat melakukan perbandingan yang salah. Siapa di antara kita yang tidak pernah membandingkan diri dengan orang lain? Setiap orang pasti pernah.

Untuk meraih kepuasan dan lepas dari stres kita harus tahu untuk melihat 'ke bawah' ketimbang 'ke atas'. Membandingkan diri dengan orang yang lebih dari kita hanya akan membuat kita semakin down dan ciut, namun bila kita membandingkan diri dengan orang yang kurang beruntung (bukan dengan motivasi untuk menghina), maka kita akan mudah untuk bersyukur dan jadi terhibur.

Jadi, jika saat ini Anda merasa bahwa diri Andalah yang paling susah, maka ingatlah bahwa masih ada banyak orang di luar sana yang lebih susah daripada Anda.

Jika Anda merasa bahwa diri Anda yang paling jahat dan tidak termaafkan, maka Anda tidak sendiri. Kita semua pernah mengalami hal yang demikian. Kita pernah berbuat salah dan melukai orang lain. Jadi, jangan tenggelamkan diri sendiri dalam jurang keputus-asaan hanya karena salah membandingkan diri.

Masa depan cerah

Apakah Anda selalu pesimis dengan apa yang bakal terjadi di depan? Bila selama ini Anda selalu berpikir bahwa masa depan Anda adalah madesu alias masa depan suram, maka berhentilah berpikir demikian. Sebaliknya, perlahan namun pasti, kembangkan pola berpikir yang positif tentang apa yang bakal terjadi di depan.

Jika pikiran Anda positif, maka itu akan mempengaruhi sikap Anda juga. Dan sikap positif akan menghasilkan tindakan yang positif pula.
Tindakan Anda yang positif akan melahirkan hasil yang positif.
Jadi, kumpulkan hasil-hasil positif dengan menabung keyakinan positif mulai dari sekarang.

Tak peduli bagaimana keadaan Anda sekarang, masih ada harapan selama masih ada nafas di hidung Anda. Jadi, pikirkan hal-hal yang positif karena di situlah letak kekuatan Anda untuk menghadapi hidup yang tak menentu ini. Semangat! (wo/meg)
woman.kapanlagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH NAGA

Buah naga adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Seperti namanya, buah ini memiliki kulit menyerupai sisik naga dan b...